Minggu, 29 Januari 2012

NEWS - Pelabuhan Benoa Panen Cruise

Bali (KabarGres.Com) – Bali masih menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara yang datang di Indonesia. Ini terlihat dari kedatangan kapal Cruise di Pelabuhan Benoa yang semakin ramai. Dalam tempo sepekan terakhir ini saja tercatat ada 3 kapal pembawa turis asing telah dan pasti datang.

Yang pertama datang dalam pekan ini adalah Kapal Cruise “Sun Princess”, Jumat (12/08) lalu. Setelah kedatangan kapal dengan penumpang 1.800 wisata mancanegara itu, hari ini (Jumat, 19/8)) Benoa kedatangan Kapal Cruise PASIFIC SUN, terus Kapal Cruise SUN PRINCESS pada hari Sabtu (20/08).
Meski harus kerja lembur, GM (General Manajer) PT Pelindo III Cabang Benoa, Iwan Sabatini, mengaku senang menerima kedatangan kapal-kapal wisatawan asing tersebut. Dia mengatakan, kedatangan kedua kapal tersebut terakhir itu merupakan kedatangan cruise yang ke 20 dan 21 di Pelabuhan Benoa dalam tahun ini. “Ini momentum yang baik sekaligus bukti bahwa Bali masih sangat diminati wisatawan mancanegara yang datang dengan kapal laut,” kata Iwan saat dihubungi Jumat (19/8) tadi pagi.

Dijelaskan, Kapal Cruise Sun Pasific berbendera British, memiliki panjang (LOA) 263 meter, membawa penumpang 1.500 wisman milik Carnival Cruise Line. Sedang Kapal Cruise Sun Princess yang panjangnya 261 meter, tahun 2011 ini sudah beberapa kali datang di Benoa, dan kali ini membawa 1.600 wisman. Kapal ini datang dari Freementle Australia, dan selanjutnya akan menuju Phu My Vietnam.

Dikatakannya, kapal-kapal pesiar ukuran besar itu selama ini hanya bisa labuh, belum bisa sandar, karena alur Pelabuhan Benoa kurang dalam dan lebar. Diharapkan pada tahun 2012 nanti Pelabuhan Benoa sudah bisa dimasuki kapal-kapal cruise besar, setelah dilakukannya pendalaman dan pelebaran alur dan kolam.
Menurutnya, alur Pelabuhan Benoa akan diperdalam hingga mencapai -10,5 meter LWS, sehingga kapal-kapal cruise besar nanti dapat sandar langsung di dermaga Pelabuhan Benoa. Pendalaman dan pelebaran alur tersebut menjadi perhatian dan permintaan para Tim Cruise guna meningkatkan kunjungan wisata dan kapal cruise ke Indonesia dan Bali khususnya.

Hal tersebut telah menjadi perhatian serius Manajemen Pelindo III Benoa untuk dapat mengantisipasi peningkatan kunjungan kapal Cruise, dan tahun 2012 pelayanan kapal Cruise juga dapat dilakukan di Pelabuhan Tanah Ampo, yang saat ini terus sedang dibenahi oleh Pemkab Karangasem.
Selain itu Pelabuhan Benoa juga telah menyiapkan terminal smal cruise di Pelabuhan Benoa yang saat ini sedang dilakukan revitalisasi dermaga yang hampir selesai dengan tambahan fasilitas “floating wharf” atau dermaga apung sarana sandar kapal-kapal yacht. (Ganefo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar